APA ITU CPI – Consumer Price Index ?

Wednesday, April 19, 2017 | comments


CPI ( Consumer Price Index ) adalah indikator fundamental yang digunakan untuk mengukur tingkat inflasi suatu negara. Angka yang dirilis oleh CPI merupakan informasi adanya perubahan tingkat harga yang dialami oleh konsumen. Angka biasanya merupakan persen, misalkan rilis angka CPI 2% memberikan informasi bahwa terjadi kenaikan harga untuk konsumen sebesar 2%. Selanjutnya secara tahunan, CPI lalu disebut juga sebagai angka atau tingkat inflasi.

Apa itu CPI Consumer Price Index ?

CPI sendiri didapat dari perubahan harga rata-rata barang atau jasa tertentu di tingkat konsumen.  Untuk Amerika ada dua kelompok populasi besar yang diukur tingkat CPI nya, yaitu CPI-U ( CPI-Urban ) yaitu kelompok keluarga atau individu perkotaan, dan CPI-W atau kelompok pekerja kantoran atau yang biasa disebut sebagai Clerical Worker. CPI ini sendiri disusun oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS atau Bureau of Labor Statistics  (BLS).

Menurut BLS diperlukan acuan angka sebagai perbandingan nilai, dimana acuan angka itu didapatkan dari referensi dasar nilai rata-rata perubahan harga atau index selama 36 bulan, dari tahun 1982 sampai 1984. Angka referensi itu ditentukan adalah 100. ketika BLS melakukan pengukuran dan didapat angka misalnya 107, maka sesuai formula yang berdasarkan referensi dasar itu berarti ada kenaikan sebesar 7%, dan bila misalkan nilai CPI 91% berarti ada penurunan 9%.

Dampak CPI terhadap mata uang

CPI adalah angka yang mengukur tingkat perubahan harga rata-rata yang dialami oleh konsumen. Bila terjadi kenaikan harga barang dan jasa untuk konsumen, maka cenderung inflasinya meningkat. Inflasi yang meningkat akan cenderung membuat bank central menaikkan suku bunga untuk mengimbangi tingkat inflasi. Kenaikan suku bunga biasanya akan cenderung menguatkan nilai mata uang negara terkait.

Gampangnya, bila CPI naik maka cenderung diikuti dengan naiknya inflasi, inflasi yang naik akan membuat bank central menaikkan suku bunga, dan naiknya suku bunga akan menguatkan nilai mata uang. jadi CPI naik, mata uang cenderung menguat.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Luke home and design
Copyright © 2017. Portal Belajar Forex - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger